Jumat, 12 Januari 2018

Tutorial Modeling mobil 3ds max

Mata Kuliah   : Desain Pemodelan Grafik
Nama              : Lidya Cahyani
NPM               : 53415825
Kelas               : 3 IA22
Dosen              : Syefani Rahma Deski

1. Aktifkan view samping, kemudian buatlah sebuah plane dengan 3 segmen vertikal.
*Tekan tombol F3 supaya blueprint terlihat.

2. Klik kanan - Convert to - Editable Poly.
*Tekan tombol F4 supaya garis-garis segmen terlihat.

3. Aturlah posisi vertex sesuai dengan pola blueprint mobil.
*Supaya Plane bisa tembus pandang, select plane, kemudian tekan tombol ALT+X.


4. Tambahkan face ke arah kanan, caranya :
     a. Aktifkan mode edge

     b. Select beberapa edge

     c. Tekan tombol Shift pada keyboard
     d. Geser menggunakan Move, ke arah kanan

     e. Akan terbentuk Face baru

Langkah di atas adalah cara untuk membuat face baru dalam Editable Poly.

5. Geser Vertex sesuai dengan pola blueprint.


6. Lakukan Langkah 4 dan 5 sampai terbentuk seperti gambar dibawah ini.


7. Pasti ada pertemuan antar face yang tidak terhubung. (lihat yang dilingkari)


8. Untuk menyambungkannya bisa menggunakan perintah Bridge Edge atau menggunakan Create Polygon. Bagaimana caranya? tenang aga akan jelaskan satu persatu.
     Menggunakan Cara Bridge Edge :
     a. Aktifkan mode edge

     b. Select kedua edge yang akan dihubungkan,
         caranya tekan tobol CTRL pada keyboard, kemudian select masing-masing edge.

     c. Carilah tombol bridge, lalu klik saja. Maka akan terbentuk face baru yang menghubungkan antar edge yang terpisah tadi.
    

     Menggunakan Cara Create Polygon :
     a. Aktifkan mode Polygon.

     b. Carilah tombol Create, klik 1 kali.

     c. Klik pada keempat sudut (vertex) face yang akan disambung. (lihat gambar)

     d. Jika sudah, klik kanan. Maka akan terbentuk face baru yang menghubungkan antar edge yang terpisah tadi.


Silahkan mau pakai cara yang mana. Tapi terkadang ada suatu kondisi face yang tidak bisa menggunakan Bridge, maka harus menggunakan Create.


9. Langkah selanjutnya, Aktifkan View front, select semua vertex.


10. Geser semua vertex ke tepi pola. (lihat gambar)


11. Sekarang atur semua vertex sesuai dengan pola yang sudah ada. Pada langkah ini yang diperlukan adalah kesabaran dan imajinasi. so... keep calm... alon-alon waton kelakon...
Bisa menggunakan semua view untuk mengatur vertex. Ganti-ganti view gak masalah.


12. Jika masih kekurangan face, bisa mengulangi langkah 4 dan 5.

13. Kalau menemukan masalah kekurangan segmen, seperti gambar dibawah ini.


Untuk mengatasi masalah di atas bisa menggunakan langkah Connect Edge. gimana caranya?
a. Aktifkan mode Edge


b. Select semua edge yang akan ditambah segmen.


c. Carilah tombol Connect, tapi klik tombol kecil disebelah tombol connect.


d. Masukkan jumlah segmen dan posisi segmen sesuai dengan kebutuhan. Kegunaan Pinch dan Slide untuk apa? Mari bereksperimen, pada Segment isikan 2, kemudian ubahlah nilai Pinch bisa berupa nilai positif atau negatif, nilai Slide juga bisa di isi dengan nilai positif atau negatif. Sudah tau perbedaannya?
*Jangan takut untuk mencoba-coba.


e. Kalau sudah sesuai klik OK.








14. Aturlah vertex dan edge sampai membentuk sebuah mobil. Kalau baru pertama kali pasti lama dan biasanya agak ancur bentuknya, hehe.. sama seperti aga waktu pertama bikin model mobil.


15. Oiya, karena bentuk mobil kanan dan kiri simetris, maka cukup bikin satu sisi aja. Jika kira-kira sudah mendekati selesai, tambah modifier Symmetry.


Jika posisi cerminnya tidak sesuai, bisa diatur, caranya :
a. Buka Symmetry, kemudian pilih mirror.

b. Geser menggunakan Move dan putar menggunakan Rotate, sampai posisinya di tengah-tengah mobil. (lihat gambar)


16. Tambahkan modifier Turbosmooth. Atur iterations sesuai dengan kebutuhan, semakin besar nilainya maka semakin halus dan semakin banyak polygon yang menyebabkan model semakin berat.



17. Jika anda harus membuat bentuk yang tajam seperti gambar di bawah. Maka anda harus menambahkan edge, supaya ketika diberi turbosmooth bentuk tajam tersebut masih bertahan.


Langkahnya sbb :
a. Aktifkan mode edge.

b. Select edge yang membentuk tajam.

c. Carilah Chamfer, klik pada tombol kecil di sebelah kanan chamfer.

d. Masukkan angka sesuai dengan ketajaman sudut yang akan dibuat. Semakin dekat jarak antar edge, maka akan semakin tajam.


Itu tadi langkah-langkah dasar dalam proses modelling mobil, Aga gak sanggup kalau nulis detail sampai proses modelling selesai, hehe.. Namun pada dasarnya segala modelling yang menggunakan editable polylangkahnya sama. Oleh karena itu, aga berikan beberapa langkah-langkah utama dalam modelling, untuk tingkat kedetailan, tergantung masing-masing individu dalam meng-explore teknik dan menu yang ada pada 3dsMax.


Ini hasil pertama kali aga mencoba untuk belajar modelling menggunakan editable poly , modelling mobil Lancer Evo. masih belum bisa halus. Untuk belajar berbagai macam teknik modelling, silahkan buka-buka arsip aga tentang 3dsMax. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan di kolom komentar, atau via email juga boleh.



Referensi : http://agayuditra.blogspot.co.id/2014/09/tutorial-car-modelling-3dsmax.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Tentang "Paralel Computation"

TUGAS SOFTSKILL  3 “PARALLEL COMPUTATION” Pengantar Komputasi Modern  Nama Anggota            : 1.  Deva Prananda               ...