Minggu, 14 Oktober 2018

Company Profil Lazada


Nama             : Lidya Cahyani
NPM              : 53415825
Kelas              : 4IA22
Nama Dosen   : Natallios Peter S.



COMPANY PROFIL
Image result for lazada
Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu bagian dari jaringan retail online Lazada Group yang beroperasi di enam negara Asia Tenggara, yang terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia, Lazada Thailand, Lazada Vietnam, Lazada Singapore, dan Lazada Filipina dengan total pengguna 550 juta pengguna dari total keseluruhan enam negara tersebut. Pada Januari 2012, jumlah karyawan Lazada hanya 4 orang, dan pada bulan Agustus 2012 karyawan yang dipekerjakan naik menjadi 200 karyawan dan terus bertambah setiap bulannya.

Lazada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan jual beli online dan ritel e-commerce, hasil pengembangan dari perusahaan inkubator teknologi internet asal Jerman yaitu Rocket Internet. Roket internet juga telah sukses menciptakan berbagai perusahan-perusahaan yang inovatif dan kreatif di berbagai belahan dunia, yang berkantor pusat di Berlin, Jerman. Proyek yang dimiliki Rocket Internet lainya di Indonesia antara lain zalora, foodpanda, traveloka. Pada tahap awal pengembangannya Rocket Internet banyak membantu mulai dari merekrut tenaga ahli, meyuntikan dana, dan mengimplementasikan platfrom teknologinya. Namun setelah lazada mampu berkembang secara mandiri, Rocket Internet tidak lagi banyak terlibat dalam kegiatan operasionalnya. Pada saat ini Rocket Internet lebih berperan dari segi investasi dan pendanaannya. Selain Rocket Internet, lazada juga mendapatkan suntikan dana dari beberapa investor besar seperti; JP Morgan, Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, Investment AB Kinnevik, Access Industries, dan Verlinvest dengan total pendanaan sekitar $ 520 miliyar.

Tom Damek selaku Managing Director di Indonesia enggan menyebutkan jumlah omset yang mereka dapatkan selama ini namun menurut tafsiran pengamat, omset LAZADA dalam sebulan mencapai milyaran rupiah. LAZADA mempunyai warehouse atau gudang seluas 2.500 meter persegi dan 5.000 meter persegi di Jakarta, hal ini merupakan upaya untuk mempertahankan pertumbuhan sebesar 20% setiap bulan. Hingga Desember 2012, LAZADA memiliki 13 kategori produk, dan lebih dari 3.000 subkategori. Total, perusahaan menjual 25.000 jenis produk. Pada tahun lalu, Lazada mendapatkan beberapa kali suntikan dana dari beberapa perusahaan seperti JP Mogan dan Kinnevik.

Tujuan dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu belanja online yang paling top dan utama di Indonesia serta memberikan pelayanan kepada konsumen secara maksimal, memberikan inspirasi dalam belanja dan memberikan pengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih produk online. Karyawan yang bekerja di perusahaan ini merupakan individu yang mempunyai jiwa kewirausahaan, karena mereka berasal dari sekolah bisnis terbaik dan perusahaan di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kualitas dalam pemberian pelayanan kepada konsumen yang akan di berikan secaramaksimal. dalam belanja dan memberikan pengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih produk online.

Lazada Indonesia lebih berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau Business to Customer karena tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan transaksi di situs mereka. Dalam Business to Customer akan lebih terfokus bagaimana mekanisme dasar bagi pembeli untuk mengakses perusahaan tersebut di dalam sebuah web yang sudah disediakan oleh perusahaan. Setelah itu bagaimana pelayanan situs tersebut dan yang paling rumit adalah bagaimana menciptakan tantangan utama untuk penjualan.

Pelayanan yang Lazada berikan memiliki kelebihan tersendiri dalam pasar Indonesia, antara lain:
a.) Pilihan Produk yang berkualitas beragam
Di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari peralatan rumah tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone & Aksesoris, Kamera, Komputer, TV, Video & Audio, Mainan & Bayi, Kesehatan & Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga & Otomotif, Musik & Instrumen, dan Buku
b.) Penawaran Khusus atau Promo Produk
Dalam belanja online seperti Lazada Indonesia juga sangat memperhatikan dinamika kehidupan masyarakat Indonesia. Berbagai penawaran istimewa dilakukan baik yang tidak bertema maupun yang disesuaikan degan tema. Ini tentu saja menjadi kelebihan dari belanja online karena eksekusi promo secara bersamaan antar tema dalam e_commerce lebih mudah dilakukan disbanding di dalam toko fisik.
c.) Layanan Super untuk Raja
Di dunia online anda adalah raja karena anda tinggal pencet telepon bila ingin menanyakan produk, atau complain mengenai layanan, anda tinggal klik, barang diantar, anda tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan anda tinggal minta jam berapa barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak perlu repot dengan senua hal yang ada dalam belanja konvensional.

Layanan luar biasa atau layanan super yang dimiliki oleh Lazada Indonesia antara lain:
a.) Layanan Telepon Hotline
 Pengunjung dapat menelepon ke nomor telepon yang tercantum di web.
b.) Gratis Biaya Kirim ke Seluruh Indonesia
Lazada Indonesia memeberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia bagian barat dan tengah, dengan minimum akumulasi pembelian sebesar Rp 200.000
c.) Pengembalian Barang dalam 14 Hari
Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuain barang pesanan. Pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.
d.) Waktu Kirim
Walaupun belum menerapkan waktu kirim hari yang sama (same day delivery), tapi Lazada Indonesia sudah membuktikan kemajuan baik dalam hal layanan pengiriman. kini pengiriman dilakukan dalam rentang waktu 2-6 hari ke seluruh Indonesia.
Salah satu kunci sukses Lazada di Indonesia adalah kehadiran sisem cash on delivery (COD) dan jasa kurir Lazada Express.
Faktor kesuksesan Lazada Indonesia adalah kehadiran aplikasi mobile yang ikut mendorong pertumbuhan Lazada karena penetrasi smartphone sangat tinggi di Indonesia. Persentase konsumen yang berbelanja melalui aplikasi mencapai 87 persen dari jumlah keseluruhan. Jumlah itu meningkat jauh dari data Januari 2014 yang hanya 34 persen.
Selain itu, Lazada Indonesia memiliki gudang yang membantu mercant Lazada dari skala UKM untuk memasarkan produk jualannya.
Lazada Indonesia juga terus meningkatkan kerja sama dengan para mitra, mulai dari sisi logistik, operator telekomunikasi, sampai perbankan. Sejauh ini Lazada sudah menggandeng Bank Mandiri, Telkomsel, dan JNE untuk memberikan pengalaman belanja online yang menyenangkan kepada pelanggan.


Alamat Kantor Pusat:
Plaza Agro Lt. 8&9,
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. X2/1, Plaza Great River, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12950 Indonesia

Nomor Telepon Lazada:
021–80630200 (call center)
Jam Operasional:
Senin–Jumat: 09:00–21:00
Sabtu–Minggu: 09:00–17:00
Live Chat via situs Lazada
Email: support@lazada.co.id
Facebook: @LazadaIndonesia
Twitter: @LazadaID

Struktur Organisasi pada LAZADA
Image result for struktur organisasi lazada


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Tentang "Paralel Computation"

TUGAS SOFTSKILL  3 “PARALLEL COMPUTATION” Pengantar Komputasi Modern  Nama Anggota            : 1.  Deva Prananda               ...