Nama : Lidya Cahyani
NPM : 53415825
Kelas : 4IA22
Nama Dosen : Natallios Peter S.
COMPANY PROFIL
Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan
salah satu bagian dari jaringan retail online Lazada Group yang beroperasi di
enam negara Asia Tenggara, yang terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia,
Lazada Thailand, Lazada Vietnam, Lazada Singapore, dan Lazada Filipina dengan
total pengguna 550 juta pengguna dari total keseluruhan enam negara tersebut.
Pada Januari 2012, jumlah karyawan Lazada hanya 4 orang, dan pada bulan Agustus
2012 karyawan yang dipekerjakan naik menjadi 200 karyawan dan terus bertambah
setiap bulannya.
Lazada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang
layanan jual beli online dan ritel e-commerce, hasil pengembangan dari
perusahaan inkubator teknologi internet asal Jerman yaitu Rocket Internet.
Roket internet juga telah sukses menciptakan berbagai perusahan-perusahaan yang
inovatif dan kreatif di berbagai belahan dunia, yang berkantor pusat di Berlin,
Jerman. Proyek
yang dimiliki Rocket Internet lainya di Indonesia antara lain zalora,
foodpanda, traveloka. Pada tahap awal pengembangannya Rocket Internet banyak
membantu mulai dari merekrut tenaga ahli, meyuntikan dana, dan
mengimplementasikan platfrom teknologinya. Namun setelah lazada mampu
berkembang secara mandiri, Rocket Internet tidak lagi banyak terlibat dalam
kegiatan operasionalnya. Pada
saat ini Rocket Internet lebih berperan dari segi investasi dan pendanaannya.
Selain Rocket Internet, lazada juga mendapatkan suntikan dana dari beberapa
investor besar seperti; JP Morgan, Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners,
Investment AB Kinnevik, Access Industries, dan Verlinvest dengan total
pendanaan sekitar $ 520 miliyar.
Tom Damek selaku Managing Director di Indonesia enggan
menyebutkan jumlah omset yang mereka dapatkan selama ini namun menurut tafsiran
pengamat, omset LAZADA dalam sebulan mencapai milyaran rupiah. LAZADA mempunyai
warehouse atau gudang seluas 2.500 meter persegi dan 5.000 meter persegi di
Jakarta, hal ini merupakan upaya untuk mempertahankan pertumbuhan sebesar 20%
setiap bulan. Hingga Desember 2012, LAZADA memiliki 13 kategori produk, dan
lebih dari 3.000 subkategori. Total, perusahaan menjual 25.000 jenis produk.
Pada tahun lalu, Lazada mendapatkan beberapa kali suntikan dana dari beberapa
perusahaan seperti JP Mogan dan Kinnevik.
Tujuan dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu
belanja online yang paling top dan utama di Indonesia serta memberikan
pelayanan kepada konsumen secara maksimal, memberikan inspirasi dalam belanja
dan memberikan pengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih produk online.
Karyawan yang bekerja di perusahaan ini merupakan individu yang mempunyai jiwa
kewirausahaan, karena mereka berasal dari sekolah bisnis terbaik dan perusahaan
di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kualitas dalam pemberian
pelayanan kepada konsumen yang akan di berikan secaramaksimal. dalam belanja
dan memberikan pengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih produk online.
Lazada Indonesia lebih berfokus kepada tipe e-commerce
B2C atau Business to Customer karena tujuan utama perusahaan adalah menyerap
customer individu yang melakukan transaksi di situs mereka. Dalam Business to
Customer akan lebih terfokus bagaimana mekanisme dasar bagi pembeli untuk mengakses
perusahaan tersebut di dalam sebuah web yang sudah disediakan oleh perusahaan. Setelah
itu bagaimana pelayanan situs tersebut dan yang paling rumit adalah bagaimana
menciptakan tantangan utama untuk penjualan.
Pelayanan
yang Lazada berikan memiliki kelebihan tersendiri dalam pasar Indonesia, antara
lain:
a.) Pilihan Produk yang berkualitas beragam
Di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk
utama mulai dari peralatan rumah tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone
& Aksesoris, Kamera, Komputer, TV, Video & Audio, Mainan & Bayi,
Kesehatan & Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga & Otomotif, Musik
& Instrumen, dan Buku
b.)
Penawaran Khusus atau Promo Produk
Dalam
belanja online seperti Lazada Indonesia juga sangat memperhatikan dinamika
kehidupan masyarakat Indonesia. Berbagai penawaran istimewa dilakukan baik yang
tidak bertema maupun yang disesuaikan degan tema. Ini tentu saja menjadi
kelebihan dari belanja online karena eksekusi promo secara bersamaan antar tema
dalam e_commerce lebih mudah dilakukan disbanding di dalam toko fisik.
c.)
Layanan Super untuk Raja
Di
dunia online anda adalah raja karena anda tinggal pencet telepon bila ingin
menanyakan produk, atau complain mengenai layanan, anda tinggal klik, barang
diantar, anda tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan anda tinggal minta
jam berapa barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak perlu repot dengan senua hal yang ada dalam belanja
konvensional.
Layanan
luar biasa atau layanan super yang dimiliki oleh Lazada Indonesia antara lain:
a.)
Layanan Telepon Hotline
Pengunjung
dapat menelepon ke nomor telepon yang tercantum di web.
b.)
Gratis Biaya Kirim ke Seluruh Indonesia
Lazada Indonesia memeberikan gratis ongkos pengiriman di
Indonesia bagian barat dan tengah, dengan minimum akumulasi pembelian sebesar
Rp 200.000
c.)
Pengembalian Barang dalam 14 Hari
Lazada
Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan
penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau
ketidaksesuain barang pesanan. Pengembalian barang dilakukan dengan cara
mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan
diproses lebih lanjut.
d.)
Waktu Kirim
Walaupun
belum menerapkan waktu kirim hari yang sama (same day delivery), tapi Lazada
Indonesia sudah membuktikan kemajuan baik dalam hal layanan pengiriman. kini
pengiriman dilakukan dalam rentang waktu 2-6 hari ke seluruh Indonesia.
Salah
satu kunci sukses Lazada di Indonesia adalah kehadiran sisem cash on delivery
(COD) dan jasa kurir Lazada Express.
Faktor
kesuksesan Lazada Indonesia adalah kehadiran aplikasi mobile yang ikut
mendorong pertumbuhan Lazada karena penetrasi smartphone sangat tinggi di
Indonesia. Persentase konsumen
yang berbelanja melalui aplikasi mencapai 87 persen dari jumlah keseluruhan.
Jumlah itu meningkat jauh dari data Januari 2014 yang hanya 34 persen.
Selain itu, Lazada Indonesia memiliki gudang yang
membantu mercant Lazada dari skala UKM untuk memasarkan produk jualannya.
Lazada Indonesia juga terus meningkatkan kerja sama
dengan para mitra, mulai dari sisi logistik, operator telekomunikasi, sampai perbankan.
Sejauh ini Lazada sudah menggandeng Bank Mandiri, Telkomsel, dan JNE untuk
memberikan pengalaman belanja online yang menyenangkan kepada pelanggan.
Alamat Kantor Pusat:
Plaza Agro Lt. 8&9,
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. X2/1, Plaza Great River,
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12950 Indonesia
Nomor Telepon Lazada:
021–80630200 (call center)
Jam Operasional:
Senin–Jumat: 09:00–21:00
Sabtu–Minggu: 09:00–17:00
Live Chat via situs Lazada
Email: support@lazada.co.id
Facebook: @LazadaIndonesia
Twitter: @LazadaID
Tidak ada komentar:
Posting Komentar